Selasa, 19 Mei 2009

SMA dan SMK Negeri Jual Buku Murah

SMA dan SMK Negeri Jual Buku Murah

SELASA, 29 JULI 2008 | 11:36 WIB

JAKARTA, SELASA - Mulai Agustus ini buku pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika untuk SMA dan SMK negeri akan dijual dengan harga murah. Harga buku Bahasa Indonesia Rp 8.000 per buku dan matematika Rp 11.800 per buku. Buku murah ini akan diluncurkan 20 Agustus.

"Ini hasil rapat dengan Menteri Pendidikan Nasional setelah melakukan kunjungan kerja ke sekolah-sekolah di DKI, kemarin siang," kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan Menengah Tinggi DKI Jakarta Ibnu S Hatta, Selasa (29/7).

Menurut Ibnu, pengadaan buku murah ini bisa dicetak sendiri oleh sekolah atau diserahkan pada penerbit. "Harga per buku sudah tertera jadi pihak sekolah tidak boleh menaikkan harga jual buku kepada siswa," tuturnya.

Mengenai buku murah ini, Ibnu mengatakan, pihaknya sudah membuat edaran kepada seluruh kepala SMA dan SMK negeri. Dalam edaran tersebut, ujarnya, pihak sekolah tidak boleh lagi menjual buku pelajan lain di luar buku murah tersebut. "Termasuk koperasi sekolah dilarang jual buku, kecuali buku murah yang sudah dilabel harganya oleh Mendiknas," katanya.

Menurutnya, jumlah buku pelajaran yang dibutuhkan di SMA sebanyak 18 judul buku dan SMK lebih banyak lagi tergantung jurusannya. Namun, pada tahap pertama pemerintah baru menyediakan dua buku murah. Dalam catatan Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi DKI Jakarta, jumlah murid SMA sebanyak 182.000 dan SMK 190.000 anak.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikmenti DKI Margani Mustar mengingatkan, tugas guru bukan untuk menjual buku. "Apa pun alasannya kalau mau jual buku, tinggal pilih mau jadi guru apa jual buku. Kalau jual buku tempatnya di Pasar Senen, Jakarta Pusat, sana," tutur Margani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar